Tahukah anda jika bawang merah bisa jadi pasta dan bahkan dapat memenuhi permintaan buyer luar negeri? Di saat banyak pengusaha yang omzetnya turun krn pandemi covid 19, petani bawang merah di Brebes malah mendapat buying request dari buyer timur tengah hingga 10-15 ton per bulan dan terus bertambah. Ekspor dimulai pda bulan Desember 2019 lalu lalu Maret 2020. Pasta bawang merah biasanya digunakan sebagai salah satu bumbu makanan. Pasta bawang hasil olahan petani brebes ini bisa bertahan 6 bulan dalam suhu ruang. Jika ditaruh di lemari es / ruang berpendingin bisa sampai 1 tahun.

 

 

Apa Pasta Bawang Merah Itu?

Pasta bawang merupakan produk intermediate yang dapat digunakan langsung sebagai bumbu atau dicampurkan dengan bahan bumbu lainnya. Prinsip pengolahan antara lain adalah persiapan dengan mengupas, mencuci, menghancurkan kemudian memberikan suasana asam dengan penambahan asam sitrat dan garam serta sterilisasi agar produk dapat awet.

Pasta bawang masih memiliki rasa dan aroma bawang yang kuat. Proses pembuatan pasta bawang merah menghasilkan rendemen 75 hingga 80 persen, dengan masa simpan produk adalah sekitar dua bulan di suhu ruang dan lebih dari 6 bulan disuhu pendingin. Umur simpan ini masih bisa diperpanjang dengan perbaikan teknologi sterilisasi menggunakan retort.

 

 

Pasta bawang merah mengandung energi sebesar 49,8 kkal, karbohidrat 10,35%, protein 1,95%, lemak 0,06% dan kapasitas antioksidan 36,05 ppm. Dengan produk ini konsumen langsung bisa menggunakan bawang merah tidak perlu melumat.

Masakan seperti membuat sambal, campuran sayur sop, sayur lodeh, rendang, atau masakan jenis lainnya yang memerlukan pelumatan bisa menggunakan produk jenis ini.

 

Proses Pembuatan Pasta Bawang

 

Sumber  :  Litbang Pertanian